Murtadha Muthahhari



Cinta harus selaras dengan realitas dan jika selaras dengan realitas, cinta akan mempunyai jalan yang diikutinya; dan mengikuti suatu jalan berarti suka atau tidak suka, akan menciptakan musuh.
**
Tidak semua orang berpikiran sama, berselera sama, atau berkecenderungan sama. Di kalangan manusia ada yang adil, ada yang zalim. Ada yang jujur, ada yang curang. Ada yang baik, ada yang jahat. Orang-orang ini tidak dapat serentak menyukai satu orang, seorang insan yang sungguh-sungguh mengejar satu tujuan, yang akan berbenturan dengan kepentingan mereka. Satu-satunya orang yang dapat menarik persahabatan san berbagai macam idealisme adalah orang yang berpura-pura dan berdusta, yang mengatakan dan memperlihatkan kepada setiap orang apa saja yang disukai orang itu.
Sebaliknya, orang yang jujur dan berprinsip, otomatis sekelompok orang akan menjadi temannya, dan yang lainnya menjadi musuhnya. Kelompok mana saja yang seiring dengannya akan tertarik ke pihaknya, dan kelompok yang mengikuti jalan lain akan menyelisihinya dan akan bertentangan dengannya.

0 Komentar at “Murtadha Muthahhari”

Posting Komentar